Blogger news

Rabu, 11 September 2013

FASILITAS-FASILITAS APLIKASI INTERNET

B. FASILITAS-FASILITAS APLIKASI INTERNET

Intenet dimanfaatkan manusia untuk keperluan informasi sesuai fungsinya. Diantaranya adalah untuk E-mail/ Electronic mail (surat elektronik), news group, WWW (World Wide Web ), Mailing list, Gopher, Telnet, Internet Relay Chat, File Transfer Protocol, Ping dan sebagainya.

1. WWW (World Wide Web)
www adalah sebuah sistem diamana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara dan lain-lain dipresentasikan dalam bentuk hypertekt dan dapat diakses oleh perangkat lunak yang disebut browser. Informasi di WEB pada umumnya ditulis dalam format HTML. Informasi lainnya disajikan dalam bentuk grafis (dalam format GIF,JPG, PNG) , suara (dalam format AU,WAV), dan objek multimedia lainnya (seperti MIDI, Shockwave, Quicktime Movie, 3D World). Layanan ini menyediakan informasi yang dapat diakses dan ditampilkan secara langsung dikomputer client, dengan menggunakan protocol HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) dan program aplikasi browser internet.

2. FTP (File Transfer Protocol)
Sesuai namanya layanan ini memang digunakan untuk memindahkan file dari satu komputer ke komputer lain di internet, dengan konsep client server. Dalam hal ini, sebagai pengguna komputer Client kamu bias mengkopi file yang tersedia pada komputer client, kamu bias mengkopi file yang terseddia pada komputer server di internet menggunakan layanan FTP.

3. E-mail
Fasilitas ini digunakan untuk komunikasi pengguna internet melalui surat elektronik yaitu surat dalam bentuk file yang bias dibuka di komputer. Pengguna internet yang ingin memanfaatkan layanan ini harus mendaftar pada komputer server penyedia layanan email, setelah mendaftar pengguna email akan mendapatkan alamat email yang dapat di akses dengan memasukkan nama pemakai (user name) dan kata sandi (Password). Ada dua jenis E-mail yaitu POP mail dan WEB mail. POP Mail adalah email yang disediakan oleh ISP (Penyedia Jasa Internet), sedangkan WEB mail disediakan oleh website yang ada di internet.

4. Milist(Mailing List)
Mailing List adalah sebuah alamat email yang didalamnya berisi kumpulan alamat email anggotanya. Dengan mengirimkan pesan ke sebuah milist, pesan akan terkirinm ke semua anggota –anggotanya saja yang bias mengirim pesan ke Milist tersebut.

5. VoIP
VoIP merupakan laayanan untuk menelpon melalui internet. Cara ini dapat menghemat interlokal/ international, karena akses internet hanya menggunakan pulsa local.

6. Gopher
Gopher merupakan aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet, namun yang dicari hanya informasi yang berupa teks.

7. TELNET
Telnet merupakan aplikasi internet yang memungkinkan kita bias menggunakan komputer untuk berhubungan dengan komputer orang lain dan mencari atau mengambil informasi-informasi yang ada di komputer tersebut. Kita bias menggunakan telnet untuk mengakses komputer lain yang letaknya jauh maupun dekat dengan syarat kita memiliki alamat IP (IP address) dari komputer yang akan di akses (User ID dan password) ke komputer tersebut.

8. Internet Relay Chat (IRC)
IRC merupakan aplikasi internet yang digunakan untuk berdiskusi atau berbincang-bincang dengan pemakai lain (Chatting). Untuk dapat melihat lawan bicara kita memerlukan aat tambahan yang disebut webcam.

9. File Transfer Protocol (FTP)
Fie Transfer Protocol adalah aplikasi internet yang memungkinkan kita bias mengirim dan mengambil data/file dari satu komputer ke komputer yang lain. Dengan fasilitas ini kita bias mengambil file dari sebuah komputer server yang letaknya jauh. Proses pengambilan file dari komputer server ini sering disebut dengan istilah download. Kita juga menggunakan FTP ini untuk memasukkan data/file kekomputer server. Proses memasukkan data/file ke komputer server disebut dengan istilah upload.

10. Ping
Ping merupakan singkatan dari Packet Internet Gopher yaitu suatu program test koneksi yang mingirim suatu paket data kepada host dan menghitung lamanya waktu yang dibutuhkan untuk proses pengiriman tersebu. Dengan fasilitas ini kita bias mengetahui apakah komputer yang sedang digunakan terhubung (terkoneksi) ke internet.

0 komentar:

Posting Komentar